Jumat, 08 Mei 2009

Sirsak (BBB) Bukan Buah Biasa



Sirsat, ada yang menyebutnya nangka sabrang, nangka buris, sirsak, juga ada yang menyebutnya nangka landa karena daging buahnya berwarna putih. Buah sirsat yang sudah matang terasa empuk jika ditekan, daging buahnya segar, manis dan sedikit asam. Dapat dimakan begitu saja, tapi lebih nikmat di jus dan diminum siang hari saat udara panas.
Dibalik kelezatan buah yang satu ini, ternyata terdapat zat-zat yang berkhasiat obat yang dapat mengatasi penyakit asam urat, ambeien, radang kandung kemih, diare dan bisul.

Asam urat Insya Allah dapat sembuh total bila mengkonsumsi jus buah sirsat, ditambah air matang, gula pasir dan madu secukupnya. Jus ini diminum dua kali sehari. Untuk mengatasi ambeien, minum satu gelas perasan buah sirsat setiap pagi dan sore. Sedangkan untuk mengobati penyakit kandung kemih, cukup mengkonsumsi kolak yang terbuat dari buah sirsat setengah matang ditambah gula dan garam secukupnya. Kolak sirsat dimakan setiap hari selama satu minggu berturut-turut.

Balita yang terserang diare cukup diatasi dengan memberi air perasan buah sirsat yang sudah masak sebanyak 2 – 3 sendok makan. Bila sulit buang air kecil (anyang-anyangen), buah sirsat setengah matang dikupas, ditambahkan gula pasir secukupnya, direbus dengan dua gelas air sampai mendidih, tiriskan, disaring dan minum airnya.
Selain buahnya, daun sirsat juga berkhasiat obat. Untuk sakit pinggang, sebanyak 20 lembar daun sirsat direbus dengan lima gelas air hingga tersisa tiga gelas. Saring dan minum rebusan tersebut dalam keadaan hangat cukup satu kali sehari.

Untuk mengatasi penyakit bisul, ambil daun sirsat muda beberapa lembar, tumbuk sampai halus, tambah setengah sendok makan air, aduk sampai rata, tempelkan pada bisul. Bila sudah mencoba mengobati dengan buah maupun daun sirsat untuk semua penyakit yang sudah disebutkan tadi, namun penyakit tetap berlanjut, ya hubungi dokter lah.

Tidak ada komentar:

Labels




litle_naoko

    © p e m i m p i. bLog by nin manis Pemimpi 2009

Back to TOP